Apa Itu Air Nabeez dan Bagaimana Cara Membuatnya


Apa Itu Air Nabeez dan Bagaimana Cara Membuatnya.

Akhir akhirnya kita sering mendangan air nabeez, kegunaannya dan bagaimana cara membuatnya banyak tersedia di berbagi macam info. Apakah sebenarnya air nabeez itu?...mari kita simak
Apa yang sebenarnya nabeez?

Apa Itu Air Nabeez dan Bagaiman Cara Membuatnya

Air Nabeez ialah  air rendaman dari  (infused water) kurma / kismis (raisins). Kismis atau kurma di masukan kedalam wadah yang tertututp kemudian diberi air masak dan direndam semalam, kemudian besok paginya sudah dapat di minum.

Disebutkan bahwa air nabeez ini merupakan kegemaran Nabi Muhamad  SAW. Beliau merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) ke dalam air semalaman (dalam wadah bertutup) dan kemudian esok harinya air rendaman kurma/ kismis tersebut dimimun.

Dari sekian banyaknya hadis ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat air nabeez tersebut, dalam satu riwayat disebutkan dari Imam Muslim adalah sebagai berikut :
Aisyah pernah ditanya tentang air nabeez, lalu ia memanggil seorang budak wanita asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah. “Karena ia dulu pernah membuat nabeez untuk Nabi Muhamad SAW,” tambahnya.

Kemudian wanita yang berasal Habasyah itu berkata, “Saya pernah membuatkan nabeez untuk beliau di dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian saya mengikatnya dan menggantungnya. Kemudian di pagi harinya beliau SAW meminumnya.”

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim)
Berdiskusi mengenai infused water. Orang barat baru baru sekarang ini faham dan baru mempopulerkan khasiat infuse water ini. Akan tetapi Nabi kita Nabi Muhamad SAW sudah lama melakukan hal ini.

Kurma Sukari Khasiat

Dalam segi kesehatan tubuh kita, buah kurma sangat berkhasiat untuk :
  1. Dapat sebagai Pemberi & pemulih tenaga (hal ini disebabkan mengapa kita disunahkan supaya memakan buah kurma ketikaberbuka puasa).
  2. Tingginya kandungan fiber yang dimilikinya dapat  menghilangkan kolestrol jahat yang adal di dalam tubuh. Sehingga bagus untuk menghilangkan sembelit (atau dapat meredakan serta memulihkan diri dari penyakit sembelit).
  3. Mengandung  zat besi yang sangat bagus untuk tubuh kita.
  4. Diperkaya akan pottassium yang mana sangat penting untuk menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah

Khasiat air nabeez sebagai berikut :
Air nabeez merupakan minuman berakali, yang dapat memberikan pertolongan untuk membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Dan Juga sangat membantu badan guna menyingkirkan bahan-bahan toksin yang berbahaya yang terdapat dalam tubuh. Sehingga bisa disebut juga sebagai detox.

Dikarenakan air nabeez tmemiliki kandungan fiber yang tinggi, yang dapat membantu proses pencernaan yang baik & meningkatkan / menajamkan fikiran. Supaya kita tidak mudah lupa.

Bagaimana Cara membuat air nabeez yang benar? :
Sediakan kurma dalam jumlah ganjil bisa 3, 5, umunya 3 kurma , kemudian di rendam dalam air masak di dalam gelas..
Akan lebih baik jika dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan  rendaman kurma tersebut di wadah yang tertutup rapat.
Esok  paginya (+ 8-12 jam setelah di rendam), air rendaman kurma tersebut boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu, dapat di makan.

Untuk membuat air Nabeez dapat menggunakan kurma Sukari , selain itu juga bisa menggunakan buah kismis dan biasanya kismis mudah untuk di temukan disekeliling kita.Cara untuk membuat air nabeez yaitu ambil segenggam kismis atau kurma sukari dalam hitungan ganjil, kemudian direndam dalam gelas tertutup/ wadah tertutup, dan biarkan semalaman. Kemudian di keesokannya harinya sudah bisa diminum, rasakan khasiatnya. Inshaa Allah akan sangat bermanfaat, karena air nabeez merupakan kesukaan nabi Muhamad SAW.

Waktu yang dibutuhkan untuk merendam kurma ataupun kismis cukup +8 – 12 Jam perendaman, jadi sesuaikan pembuatan denga waktu yang ingin Anda meminumnya. Misalkan saja Anda ingin meminum di paginya berarti dari semalam Anda sudah membuatnya , sedangkan bila ingin meminumnya di malam hari, di pagi harinya hendaklah sudah membuat air nabeez tersebut.

Hal hal yang di larang dalam proses pembuatan air nabeez adalah :
Hanya dibolehkan menggunakan salah satu saja , misal kan klu mau kurma ya kurma saja,, kalau kismis ya kismis saja,tidak boleh di campur antara kurma dan kismis.

Air nabeez hanya bertahan 1 atau 2 hari bila disimpan dalam lemari es, kalau sudah lebih dari 2 hari dilarang eras untuk meminumnya , kerena jika sudah lebih dari 2 hari air rendaman tersebut telah terjadi fermentasi sehingga menjadikan air rendaman kurma tersebut menjadi arak, sedangkan arak merupakan minuman yang di haramkan.

Akan lebih baiknya jika membuat air nabeez itu setiap hari dan langsung diminum, dalam mengkonsumsi air nabeez juga dapat ditambah minuman lain seperti susu atau yogurt yang bisa dijadikan  smoothie.

Jual Kurma Sukari

Untuk memnuhi kebutuhan kurma Anda kami Jual Kurma Sukari dan siap melayani Beli online Kurma Sukari Anda pada kami.
Silahkan hubungi no berikut :
Call/ wa 082114202323
Tidak perlu repot, antri, bermacet macetan untuk mendapatkan kurma. Tinggal hubungi kontak kami , pesan , transfer, segera kami kirim kurma Anda. In shaa Amanah.

Semoga bermanfaat..


ಕಾಮೆಂಟ್‌ಗಳು

ಈ ಬ್ಲಾಗ್‌ನ ಜನಪ್ರಿಯ ಪೋಸ್ಟ್‌ಗಳು

Mengenal Jenis Jenis Kurma

Khasiat Kurma Sukari